Potensi Menggiurkan Ekspor Briket Arang dan Caranya Lengkap

Potensi Menggiurkan Ekspor Briket Arang dan Caranya Lengkap

Keuntungan yang mampu Indonesia raih dari kegiatan ekspor briket atau arang ke sejumlah negara terutama Eropa dan Timur Tengah makin meningkat dari tahun ke tahun. Bagaimana tidak, nilai ekspor arang pada kuartal pertama tahun 2023 saja mencapai US$10.100.000.000,00 atau setara Rp150.000.000.000.000,00.

4 Jenis Arang Briket yang Diekspor

Potensi keuntungan dari kegiatan ekspor arang sangatlah tinggi, sayangnya tidak banyak produsen arang yang mengetahuinya. Apalagi, bahannya cukup mudah Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Berikut empat contoh arang briket yang mempunyai potensi ekspor yang sangat tinggi.

1. Arang Briket Batok Kelapa

Briket arang batok kelapa
Briket arang batok kelapa | Sumber gambar: Pohacee

Ekspor briket arang batok kelapa cukup populer sebagai komoditas ekspor Indonesia. Dengan bahan dasar tempurung kelapa, arang briket umumnya masyarakat gunakan untuk bahan pemanggangan atau pengasapan. Sehingga, cukup sering diminati oleh berbagai negara, contohnya negara di Timur Tengah.

2. Briket Hexagonal

Briket Hexagonal
Briket Hexagonal | Sumber gambar: Fillo Briquettes

Bagi penduduk Asia-Amerika dan Eropa, arang briket hexagonal sudah menjadi kebutuhan utama untuk memasak sehari-hari. Bahkan untuk negara Asia sendiri seperti Korea Selatan, Jepang dan Tiongkok, arang briket hexagonal biasa mereka manfaatkan sebagai penghangat ruangan.

3. Arang Aktif

Arang aktif
Arang aktif | Sumber gambar: Gold Carb

Selain untuk kegiatan masak-memasak, arang juga biasa masyarakat gunakan untuk memenuhi kebutuhan sanitasi dan pertambangan emas. Jenis briket arang aktif biasa disebut sebagai karbon aktif dan memiliki pori-pori besar untuk menyerap dan memisahkan kandungan beserta partikel yang terserap.

4. Arang Bantal

Arang bantal
Arang bantal | Sumber gambar: Indo Network

Kebutuhan akan bahan bakar turbin seperti oli, gas, dan batu bara dapat masyarakat minimalisir dengan memanfaatkan arang bantal atau charcoal pillow. Apalagi, jenis arang bantal ini cukup mudah dan murah untuk masyarakat dapatkan. Tidak heran apabila produksi arang bantal berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar.

Baca Juga: Negara Tujuan Ekspor Manggis, Syarat, Cara dan Harganya

Negara Tujuan Ekspor Briket

Melihat dari empat jenis arang yang kerap menjadi komoditas ekspor di atas, mungkin Titipers bertanya-tanya apa jawaban tepat apabila diminta sebutkan negara-negara tujuan ekspor briket tempurung dari Indonesia. Beberapa contoh negaranya antara lain adalah Timur Tengah, Amerika, Eropa, Korea, dan Jepang.

Pasar Timur Tengah membeludak mengingat kebutuhan briket batu bara di sana cukup tinggi. Masyarakatnya menggunakan briket arang untuk keperluan rokok pipa dan bahan makanan. Sementara itu, pasar Amerika, Eropa, dan Korea umumnya menggunakan briket arang batok kelapa untuk menghangatkan ruangan.

Sementara itu, harga arang briket yang masuk ke pasar internasional bisa mencapai harga Rp18.590,00 per kilonya. Ekspor briket per bulannya sendiri bisa mencapai ratusan ton, sehingga dapat kamu simpulkan bahwa nilai transaksinya dapat menyentuh angka belasan ribu dolar.

4 Cara Ekspor Arang Briket Berkualitas

Supaya kegiatan ekspor arang briket dapat berjalan lancar, produsen dan distributor wajib memahami langkah ekspor yang tepat dan berkualitas. Berikut penjelasan dari tiap langkah pengeksporan arang briket berkualitas tinggi yang bisa Titipers pahami.

1. Memilih Jenis Briket 

Sebelum mulai proses pendistribusian arang briket, produsen wajib menentukan jenis briket yang akan mereka tawarkan di pasar luar negeri. Selain memastikan kualitas tiap briketnya, produsen juga wajib memahami jenis briket yang memang pasar luar negeri butuhkan.

2. Menentukan Sistem Marketing yang Tepat

Langkah ekspor briket arang berikutnya adalah dengan menentukan sistem pemasaran komoditas arang briket yang sesuai. Sebab, dengan menetapkan sistem pemasaran yang tepat, pasar dapat dengan mudah mengidentifikasi produk tersebut, dan transaksi dapat berjalan dengan lancar.

Sistem pemasaran arang briket sendiri cukup beragam. Produsen maupun distributor bisa mengusahakan pemasaran online melalui media sosial, meminta bantuan pemasaran dari pemerintah atau sektor swasta, maupun berpartisipasi dalam pameran dagang ekspor impor di dalam dan luar negeri.

3. Memastikan Kriteria Briket Arang Terpenuhi

Apabila produsen sudah menentukan sistem pemasaran arang briket, sekarang produsen bisa berfokus memastikan briket yang akan mereka ekspor memenuhi kriteria. Cara memastikannya adalah dengan mempelajari standar dari negara tujuan terlebih dahulu, lalu bisa memulai pengecekan kualitas produksi briket arang.

4. Memenuhi Syarat Ekspor

Meskipun ekspor briket arang batok kelapa dan jenis arang lainnya jelas menguntungkan bagi produsen dalam negeri, produsen harus mampu memenuhi syarat ekspor yang tidak mudah. Contohnya, produsen harus memiliki badan usaha yang jelas seperti perseroan terbatas (PT) atau CV.

Selain itu, produsen juga wajib memenuhi syarat dokumen ekspor yang lengkap. Misalnya seperti packing list, transport card, Certificate of Analysis, Phytosanitary Certificate, dan Certificate of Origin.

Apabila empat langkah di atas bisa produsen penuhi, produsen bisa mendapat keuntungan besar, mengingat transaksinya selalu menggunakan kurs mata uang asing. Selain itu, penawaran kerja sama antar negara akan makin meningkat sehingga berdampak ke pemasukan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Contoh Surat Izin Ekspor, Syarat, Biaya dan Cara Mengurusnya

Kegiatan Ekspor Briket di Indonesia Menguntungkan, Bukan?

Tanpa disadari, ternyata negara Indonesia sangatlah kaya akan komoditas ekspor, terutama arang briket. Tidak heran apabila banyak negara sahabat seperti Timur Tengah dan Amerika kerap membeli arang briket yang mereka butuhkan untuk kehidupan sehari-hari di Indonesia.

Tetapi, kamu tidak perlu langsung menyimpulkan bahwa usaha terbaik saat ini untuk mendapat keuntungan berlebih hanya bisa didapatkan dari kegiatan ekspor briket saja. Titipers juga bisa memiliki usaha yang menguntungkan seperti membeli barang berkualitas dari luar negeri untuk dijual kembali di Indonesia!

Caranya pun mudah. Titipers bisa melihat berbagai barang berkualitas asal luar negeri hanya melalui Titipbeliin.com. Titipbeliin.com adalah jasa pembelian produk luar negeri super nyaman, karena kamu tidak perlu repot mengurus administrasi dan pajaknya sendirian, karena Titipbeliin bisa menyelesaikannya untukmu.

Kamu bisa langsung saja masukkan link produk favorit pada website Titipbeliin.com dan bayar melalui e-wallet saja. Semua barang, mulai dari pakaian modis hingga alat elektronik pun tersedia buat kamu. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini dan segera mulai usaha kecilmu untuk raih keuntungan maksimal!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.