9 Komoditas Ekspor Indonesia ke Singapura, Terlengkap!

9 Komoditas Ekspor Indonesia ke Singapura, Terlengkap!

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia dan Singapura adalah dua negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Singapura juga menjadi salah satu negara tujuan ekspor yang penting bagi Indonesia. Komoditas ekspor Indonesia ke Singapura pun sangat beragam, baik dari sektor migas hingga nonmigas.

Contoh komoditasnya adalah minyak kelapa sawit, timah, rempah, dan makanan kemasan. Perlu Titipers pahami juga bahwa kegiatan ekspor impor antara Indonesia dan Singapura ini termasuk hubungan kerja sama di bidang ekonomi. Mari simak informasi seputar barang barang apa sajakah yang diekspor Indonesia ke Singapura!

Komoditas Ekspor Indonesia ke Singapura

Coba sebutkan barang barang yang diekspor dari Indonesia ke Singapura? Nah, berikut ini sejumlah komoditas utama dan potensial yang diekspor dari Indonesia ke Singapura yang perlu kamu ketahui.

1. Minyak Kelapa Sawit

Minyak Kelapa Sawit
Minyak Kelapa Sawit | Sumber Gambar: astra-agro.co.id

Indonesia merupakan negara yang menguasai pasar sawit di dunia. Sebagian besar produk sawit dan olahannya yang diperdagangkan di berbagai negara adalah hasil perkebunan sawit Indonesia. Salah satu produk sawit yang paling utama adalah minyak kelapa sawit. 

Minyak kelapa sawit juga termasuk komoditas ekspor ke Singapura. Hingga saat ini, Indonesia secara konsisten mengekspor produk minyak kelapa sawit ke Singapura. Selain itu, minyak kelapa sawit juga diekspor ke berbagai negara lain, seperti Amerika Serikat, Afrika Selatan, Mesir, Jerman, Turki, dan Spanyol.

Baca Juga: 7 Produk Jastip Singapura yang Populer dan Terlaris, Apa Saja?

2. Rempah-Rempah

Rempah-rempah
Rempah-rempah | Sumber: freepik

Titipers tentu sudah tahu bahwa Indonesia terkenal sebagai negara penghasil rempah-rempah di dunia. Berdasarkan data dari Food and Agriculture Organization (FAO) pada tahun 2016, Indonesia sempat menduduki peringkat ke-4 negara penghasil rempah di dunia. Tidak heran bila banyak negara yang menginginkannya. 

Rempah-rempah juga termasuk salah satu ekspor Indonesia ke Singapura yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Beberapa produk rempah-rempah Indonesia yang paling banyak diekspor ke luar negeri adalah kayu manis, cengkeh, lada, dan pala. 

3. Aksesoris Kendaraan

Aksesoris Kendaraan
Aksesoris Kendaraan | Sumber: freepik.com 

Barang barang apa sajakah yang diekspor Indonesia ke Singapura selanjutnya? Komoditas ekspor Indonesia ke Singapura lain berupa aksesoris kendaraan bermotor. Selain mengekspor kendaraan bermotor, komponen kendaraan bermotor juga memiliki pasar luas di luar negeri. 

Komponen tersebut dapat berupa transmisi kendaraan, suku cadang sepeda motor, bagian stir, rem, radiator, bemper, komping, dan lainnya. Produk komponen kendaraan ini berguna untuk memasok ke perusahaan mobil dan sejenisnya.

4. Peralatan Medis

Peralatan Medis
Peralatan Medis | Sumber: freepik.com 

Sebutkan barang barang yang diekspor dari Indonesia ke Singapura berikutnya! Siapa sangka, produk alat medis atau alat kesehatan berada di jajaran komoditas  ekspor Indonesia ke Singapura yang menguntungkan. Salah satu contoh produk alat kesehatan yang diekspor ke Singapura adalah masker medis. 

5. Makanan Kemasan

Kecap Manis
Kecap Manis | Sumber: bango

Komoditas ekspor yang tidak kalah menarik adalah produk makanan olahan atau kemasan. Indonesia banyak mengekspor produk makanan ke Singapura. Contohnya seperti kecap manis, saus sambal, air mineral, susu formula bayi, yogurt, biskuit, dan lain sebagainya

6. Produk Perikanan

Produk Perikanan
Produk Perikanan | Sumber: freepik.com 

Barang barang apa sajakah yang diekspor Indonesia ke Singapura di industri perikanan? Berbagai produk perikanan asal Indonesia telah memiliki peluang pasar yang luar biasa di berbagai negara. Nah, produk hasil perikanan ini juga menjadi komoditas ekspor Indonesia ke Singapura. 

Jenis produk perikanan yang menyumbang ekspor terbesar antara lain ikan tuna, udang, cumi, gurita, sotong, dan rumput laut. Udang bahkan menjadi salah satu produk perikanan paling banyak menyumbang devisa negara.

Baca Juga: Tutorial Jastip Barang Impor Legal dari Singapura

7. Produk Kulit

Produk Kulit
Produk Kulit | Sumber: freepik 

Titipers, Indonesia merupakan negara yang mampu menghasilkan berbagai macam produk kulit. Produk kulit juga termasuk komoditas ekspor Indonesia ke Singapura yang potensial.

Jenis kulit yang berkualitas di Indonesia berasal dari hewan maupun tumbuhan. Misalnya, kulit domba, kulit sapi, kulit kambing, kulit jagung, kulit kayu, dan lainnya. Sementara hasil produk kulit ini dapat berupa alas kaki, tas, jaket, dan dompet.

8. Perhiasan

Perhiasan Emas
Perhiasan Emas | Sumber: freepik.com 

Apakah Titipers berpikir bahwa produk yang tidak termasuk komoditas ekspor dari Indonesia ke Singapura adalah emas? Jangan salah, Indonesia merupakan salah satu negara produsen emas terbesar di dunia. 

Nah, hasil tambang emas ini juga dapat diolah menjadi berbagai produk berharga seperti perhiasan yang merupakan komoditas ekspor Indonesia ke Singapura. Singapura sendiri menjadi negara tujuan utama ekspor perhiasan dari Indonesia. Selain Singapura, Amerika Serikat juga menjadi negara tujuan kedua.

9. Timah

Timah
Timah | Sumber: jpnn.com 

Titipers, sebutkan barang barang yang diekspor dari Indonesia ke Singapura yang memiliki nilai ekonomi tinggi! Menurut data resmi Badan Pusat Statistik (BPS), Singapura merupakan negara tujuan utama ekspor timah asal Indonesia. Timah memang termasuk salah satu hasil bumi Indonesia.

Beberapa kawasan provinsi yang terkenal sebagai penghasil timah di Indonesia adalah Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Pulau Bangka, Pulau Singkep, dan Pulau Belitung.

Potensi Impor dari Singapura

Hubungan perdagangan internasional antara Indonesia dan Singapura terjalin sangat baik hingga saat ini. Sejumlah komoditas ekspor di atas bisa meningkatkan pendapatan negara cukup signifikan. Karena itu, para pelaku usaha bisa mencoba meningkatkan kualitas produknya agar bisa dipasarkan ke Singapura.

Namun, apakah Titipers pernah memikirkan apakah ada produk yang tidak cocok untuk ekspor ke Singapura? Beberapa yang tidak termasuk komoditas ekspor dari Indonesia ke Singapura adalah perangkat telepon, sel baterai, kabel, zat alkohol, plastik polimer, minyak petroleum, dan lainnya.

Sebaliknya, sejumlah produk ini merupakan komoditas impor dari Singapura ke Indonesia. Selain melakukan ekspor, Indonesia juga masih membutuhkan berbagai produk impor dari Singapura untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Inilah mengapa Indonesia menjalin kerja sama perdagangan dengan Singapura secara konsisten.

Baca Juga: Tutorial Jastip dan Impor Barang Dari Singapura Legal Aman

Sudah Tahu Apa Komoditas Ekspor Indonesia ke Singapura?

Produk ekspor dari Indonesia ke Negeri Singa sangatlah beragam. Mulai dari produk utama seperti minyak kelapa sawit hingga produk potensial berupa perhiasan. Namun, yang tidak termasuk komoditas ekspor dari Indonesia ke Singapura adalah berupa produk impor yang juga cukup beragam.

Apakah Titipers sedang mencari produk asal Singapura yang berkualitas? Atau kamu tidak punya banyak waktu untuk berbelanja ke Singapura? Tenang saja! Titipers bisa mendapatkan berbagai barang kebutuhan lewat jasa titip (jastip) di Titipbeliin.com. Keamanan barang pasti terjamin dan kamu tinggal terima beres. 

Kategori produk yang ditawarkan juga sangat banyak. Mulai dari makanan, peralatan mesin, tekstil, kosmetik, perhiasan, bahan bangunan, dan lainnya. Selain pilihan produk yang lengkap, metode pembayarannya pun sangat bervariasi. Titipers bisa mengunjungi website resminya untuk informasi yang lebih lengkap!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.