Negara Tujuan Ekspor Manggis, Syarat, Cara dan Harganya

Negara Tujuan Ekspor Manggis, Syarat, Cara dan Harganya

Manggis adalah buah berwarna ungu kehitaman yang memiliki rasa manis asam menyegarkan. Seperti yang telah kamu ketahui, di ukurannya yang cukup kecil, manggis memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu, buah eksotis ini menjadi primadona dalam ekspor buah di Indonesia. Hm, benarkah ekspor manggis begitu menjanjikan?

Laporan catatan Badan Karantina Pertanian (Barantan) telah menunjukkan bahwa buah manggis menjadi salah satu komoditas hortikultura yang memiliki volume ekspor tertinggi selama periode bulan Juli tahun 2023. Jika kamu ingin mempelajari peluang bisnisnya, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Baca Juga: Perbedaan Ekspor dan Impor Serta Tujuan hingga Fungsi Bagi Perekonomian Negara

Potensi Buah Manggis di Pasar Global

Sebagai salah satu negara penghasil manggis terbesar di dunia, Indonesia mampu memproduksi, termasuk untuk kebutuhan ekspor manggis sekitar 300 ribu ton per tahunnya.

Melansir dari laporan hasil pengumpulan data hortikultura Badan Pusat Statistik Indonesia, jumlah produksi buah manggis mencapai sekitar 303.934 ton di tahun 2021 dan 343.663 ton di tahun 2022.

Sementara itu, para eksportir mengirimkan berton-ton buah manggis ke negara-negara yang meliputi Malaysia, Cina, Hongkong, Uni Emirat Arab (UEA), dan Perancis.

Perkembangan Ekspor Manggis periode 2017-2021
Perkembangan Ekspor Manggis periode 2017-2021 | Sumber Gambar: epublikasi.pertanian.go.id

Walaupun saat ini ekspor manggis ke luar negeri masih kalah dengan Malaysia dan Thailand, Indonesia tetap berpotensi besar untuk meningkatkan jumlah ekspor. Kamu bisa mengetahui alasannya dari produksi manggis yang terus meningkat tiap tahunnya. 

Lebih-lebih, buah manggis asal Indonesia memiliki kualitas yang baik, dengan rasa yang lebih manis dan segar.

Syarat Ekspor Manggis

Ilustrasi Manggis Berkualitas
Ilustrasi Manggis Berkualitas | Sumber Gambar: unsplash.com

Pada kenyataannya, perjalanan manggis menuju pasar ekspor global menapaki jalan yang cukup terjal. Manggis asal Indonesia sempat terbentur larangan masuk ke pasar Cina, selama kurang lebih 5 tahun.

Agar ekspor kamu tak terkendala selama di perjalanan, kamu perlu memperhatikan beberapa syarat ekspor manggis yang telah disepakati oleh Badan Karantina Pertanian (Barantan) dan The General Administration of Customs of The People’s Republic of China (GACC) berikut.

1. Wajib Berasal dari Kebut Teregistrasi

Buah manggis yang akan kamu kirimkan harus berasal dari kebun registrasi yang telah terdaftar di Barantan dan GACC.

Artinya, buah tersebut hasil dari produksi kebun yang telah menerapkan Standard Operating Procedures (SOP), Integrated Pest Management (IPM), dan Good Agricultural Practices (GAP). Selain itu, juga harus telah teregistrasi di Pemerintah Daerah setempat dan Direktorat Jenderal Hortikultura.

2. Sudah Melalui Proses di Rumah Kemas

Buah manggis harus melalui proses di rumah kemas registrasi oleh eksportir yang telah terdaftar di Barantan dan GACC.

Selain itu, selaku pemilik rumah kemas atau eksportir, kamu harus melakukan serangkaian proses di rumah kemas registrasi, yaitu sortasi, grading, dan pembersihan buah (penyemprotan dengan udara bertekanan). Jadi, buah yang akan kamu ekspor sesuai dengan persyaratan Protokol Ekspor.

Berikut adalah syarat ekspor manggis ke Cina yang perlu kamu perhatikan, antara lain:

  • Tidak busuk;
  • Tidak retak atau pecah;
  • Bebas dari organisme pengganggu tumbuhan (lalat buah, semut, tungau, dan kutu putih); serta
  • Bersih dari tanah, sisa tanaman (akar, batang, ranting), gulma, dan sisa kotoran lainnya.

3. Melakukan Pengemasan dan Pelabelan

Eksportir juga harus melakukan proses pengemasan dan pelabelan di rumah kemas registrasi. Berikut adalah persyaratan Protokol Ekspor mengenai kemasan dan label, yaitu.

  1. Kemasan harus baru dan bersih.
  2. Label harus mencantumkan informasi secara lengkap, meliputi nomor registrasi, nama, dan alamat rumah kemas.

4. Pemeriksaan oleh Pejabat Karantina Tumbuhan 

Ketika pemeriksaan karantina tumbuhan guna penerbitan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan (Phytosanitary Certificate/PC), kamu harus memastikan bahwa Pejabat Karantina Tumbuhan harus melakukan pemeriksaan di rumah kemas registrasi.

5. Memenuhi Syarat Protokol Ekspor

Pemeriksaan karantina tumbuhan berguna untuk memastikan seluruh persyaratan Protokol Ekspor terpenuhi, diantaranya.

  1. Barang kiriman dengan sampling minimal 2% dari keseluruhan, untuk memastikan buah memenuhi syarat ekspor manggis.
  2. Kesesuaian dan ketertelusuran sumber buah dari kebun yang telah terdaftar dan teregistrasi di Barantan dan GACC.
  3. Keefektifan kegiatan sortasi, grading, pembersihan, pengemasan, dan penyimpanan buah sesuai dengan persyaratan.
  4. Kesesuaian penggunaan kemasan dan informasi pada label.

6. Ketentuan Penerbitan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan

Kamu juga harus memahami bahwa penerbitan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan hanya terbit kalau barang kiriman telah memenuhi seluruh persyaratan ekspor manggis di atas.

Cara Ekspor Manggis

Ilustrasi Ekspor Manggis
Ilustrasi Ekspor Manggis | Sumber Gambar: pexels.com

Bagi Titipers yang tertarik memulai bisnis ini, berikut beberapa cara ekspor yang mungkin bisa kamu pahami dengan mudah, terutama jika kamu seorang pemula.

1. Mengidentifikasi Asal Buah dan Riset Pasar

Kamu harus memastikan buah manggis sudah terdaftar di Beratan dan GACC. Tentunya buah juga sesuai dengan persyaratan di atas. Sesudah itu, lakukan riset pasar di situs web LNSW Kementerian Keuangan.

2. Mempersiapkan Dokumen dan Mencetak Nota Pelayanan Ekspor

Sebelum ekspor manggis, kamu wajib membuat PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) untuk memudahkan pengiriman barang. Mulai dari slip pengepakan, faktur komersial, bukti pembayaran bea keluar, data agen pabean, sarana transportasi, negara tujuan, dan rincian barang. Kemudian, cetaklah Nota Pelayanan Ekspor (NPE).

3. Memastikan Asuransi dan Mengirimkan Produk

Jika kamu memiliki kontak CIF (Cost, Insurance, dan Freight) dengan pembeli, maka pastikan barang telah terdaftar asuransi ekspor. Lalu, lakukan proses pengiriman di kantor bea cukai.

Baca Juga: Syarat Ekspor Daun Pisang, Negara Tujuan dan Harga Lengkap

Harga Ekspor Manggis

Harga yang lebih murah daripada negara lain, menjadi keuntungan tersendiri dalam memasuki pasar global ekspor manggis yang sangat kompetitif. Coba cermati data analisa usaha tani manggis dari beberapa sentra di bawah ini!

Tabel Analisa Usaha Tani Manggis
Tabel Analisa Usaha Tani Manggis | Sumber Gambar: epublikasi.pertanian.go.id

Apakah Kamu Tertarik untuk Ekspor Manggis ke Luar Negeri?

Dengan segudang manfaat, buah eksotis asli Indonesia ini telah mencuri perhatian dunia, sehingga peluang bisnis pasar ekspor manggis pun terbuka lebar. Jika kamu sudah memahami beberapa informasi penting di atas, apakah sekarang kamu ingin menjadi eksportir sukses? Namun, bagaimana dengan prosesnya yang begitu panjang?

Kamu tak perlu khawatir. Untungnya, ada Titipbeliin yang siap menjadi mitra impor dan kirim barang dari luar negeri 24 jam non stop. Mulai dari Amerika, Inggris, Cina, Singapur, dan Korea Selatan.

Ada lebih dari 8.773 konsumen yang berhasil impor barang mereka tanpa drama. Mau pemula, mau expert, semuanya bisa pakai layanan mereka dengan mudah. Titipers cukup isi detail informasi dan bayar, sisanya tinggal terima beres saja. Makanya, mampir ke website titipbeliin.com sekarang dan hitung estimasi biaya kirim kamu dengan kalkulator impor di sana!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.