Peluang Ekspor Udang Vaname dan Cara Lengkap untuk Pemula

Peluang Ekspor Udang Vaname dan Cara Lengkap untuk Pemula

Udang Vaname merupakan salah satu komoditas ekspor dengan permintaan yang tinggi. Rasa udang yang lezat, dengan tekstur yang baik, membuatnya memiliki banyak peminat, bahkan dari manca negara. Lalu, bagaimana cara ekspor udang Vaname?

Untuk mengekspor udang Vaname tidaklah serumit yang kamu bayangkan. Cukup siapkan beberapa dokumen dan pastikan penanganan atau pengemasan udang sudah tepat. Selengkapnya, tentang peluang dan cara ekspor udang Vaname di artikel ini!

Peluang Ekspor Vaname

Tangan memegang udang Vaname
Tangan memegang udang Vaname | Sumber: Freepik.com

Udang Vaname merupakan komoditas perikanan yang permintaannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Rasa udang yang lezat dan bisa diolah untuk berbagai hidangan yang menggugah selera, membuatnya banyak dipilih. 

Tidak main-main, bahkan menurut data ekspor udang Vaname Indonesia, omset pengusaha udang Vaname bisa mencapai milyaran rupiah setiap panennya. Namun, tidak hanya terkenal di dalam negeri, udang Vaname juga cukup menjadi primadona di luar negeri dan sudah berhasil menjadi salah satu komoditas unggulan ekspor Indonesia. 

Baca Juga: Potensi Menggiurkan Ekspor Briket Arang dan Caranya Lengkap

1. Data Ekspor Udang Vaname Indonesia

Wanita sedang melihat data
Wanita sedang melihat data | Sumber: Freepik.com

Berdasarkan data dari bea cukai Indonesia, pada awal tahun hingga pertengahan 2018, nilai ekspor udang Indonesia mencapai pertumbuhan hingga 13% dibandingkan pada tahun 2017 dalam periode yang sama. 

Kemudian, pada tahun 2022, udang menempati posisi teratas sebagai komoditas unggulan ekspor. Bahkan, nilai ekspor pada tahun 2022 mencapai 2,16 miliar dolar AS. Adapun tujuan negara-negara ekspor udang Vaname terbesar Indonesia sebagai berikut.

A. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara tujuan ekspor Indonesia terbesar. Berdasarkan data KKP, ekspor udang Vaname ke Amerika mencapai 717.094 ton pada tahun 2019. 

B. Korea Selatan

Berdasarkan data ekspor udang Vaname Indonesia, posisi kedua dipegang oleh Korea Selatan, dengan nilai ekspor mencapai 69.190 ton pada tahun 2021. 

C. Malaysia

Permintaan pasar udang Vaname Malaysia juga tergolong tinggi. Lebih dari 2.000 ton udang Vaname sudah berhasil di ekspor Indonesia ke Malaysia pada tahun 2021. 

D. Singapura

Singapura juga menjadi salah satu negara tujuan ekspor Indonesia. Adapun nilai ekspor Vaname Indonesia ke Singapura yaitu 1.890 ton pada tahun 2021. 

E. Tiongkok

Tiongkok merupakan salah satu pasar utama ekspor udang Indonesia. Diperkirakan sebanyak 1.472,87 ton udang Vaname sudah berhasil diekspor pada tahun 2022. 

2. Harga Udang Vaname Ekspor

Udang Vaname dijual di pasar
Udang Vaname dijual di pasar | Sumber: Freepik.com

Berapa harga udang Vaname ekspor? Kamu tentunya penasaran mengingat tingginya nilai ekspor udang Vaname. Adapun berdasarkan data yang ada, harga udang Vaname dengan ukuran 30 dan 40 pada tahun 2012 sebesar US$7,7/kg. 

Selanjutnya, harga udang Vaname mengalami peningkatan pada tahun 2021 menjadi US$8,78/kg. Maka dari itu, diperkirakan nilai tersebut akan terus mengalami peningkatan hingga tahun 2024 ini. 

Baca Juga: Negara Tujuan Ekspor Manggis, Syarat, Cara dan Harganya

Tata Cara Ekspor Udang Vaname

Seorang laki-laki sedang mendata pengiriman barang
Seorang laki-laki sedang mendata pengiriman barang | Sumber: Freepik.com

Jika Titipers tertarik untuk ekspor Vaname, berikut tata cara ekspor yang bisa kamu ikuti. 

1. Menyiapkan Dokumen Resmi

Hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan dalam ekspor adalah menyiapkan dokumen. Ini untuk mengantisipasi adanya dokumen yang kurang nantinya. Adapun berkas yang perlu kamu siapkan, antara lain:

  • Faktur;
  • Sertifikat HACCP (Hazard Analysis Critical);
  • Nomor Induk Berusaha (NIB);
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP);
  • Surat Ketetapan Pajak (SKP);
  • Rekaman Audit Internal;
  • Surat Permohonan Pendaftaran Nomor Registrasi; dan
  • Surat Pernyataan Pemanfaatan Nomor Registrasi.

2. Pemilihan dan Penyiapan Udang

Khusus ekspor, udang yang dipilih adalah yang memenuhi ukuran, berat, dan kualitas ekspor. Pastikan juga, udang yang kamu pilih tidak sakit, karena udang yang sakit otomatis akan langsung ditolak oleh negara tujuan ekspor dan akan merusak citra bisnismu nantinya. 

3. Pengemasan yang Benar dan Sesuai Standar

Tahap selanjutnya adalah pengemasan udang. Pastikan kamu mengemas udang Vaname sesuai dengan standar, seperti menggunakan kemasan yang terbuat dari bahan yang tahan perubahan suhu dan kelembaban. 

Selain itu, kamu juga disarankan untuk memingsankan udang yang hidup terlebih dahulu untuk proses pengemasan. Demi menjaga kesegaran udang saat sampai negara tujuan. 

Pastikan juga waktu tempuh yang digunakan untuk pengiriman udang di bawah 24 jam. Apabila lebih, maka sebaiknya kamu sertakan informasi bahwa kotak tersebut wajib dijaga suhunya untuk menjaga kualitas udang tetap baik. 

4. Tetapkan Harga yang Tepat

Selanjutnya, kamu bisa tetapkan harga ekspor udang Vaname tersebut. Sebaiknya kamu menggunakan harga yang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi, agar kamu untung dan tetap bisa bersaing di pasaran. Di dalam hal ini, kamu bisa riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan harga terbaik.

5. Mencari Tujuan Eksport dan Membuat Kontrak

Tahap berikutnya yaitu mencari tujuan ekspor. Kamu bisa menggunakan sistem partnership atau mencari sendiri dengan sistem promosi di media sosial. Setelah mendapatkan negara tujuan ekspor, pastikan kamu membuat kontrak resmi. Ini untuk menghindari penipuan atau hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. 

6. Pilih Jalur Pendistribusian Terbaik

Proses terakhir yaitu memilih jalur pendistribusian. Apakah kamu akan menggunakan jalur laut atau udara? Biasanya, jalur laut memiliki harga yang lebih terjangkau daripada jalur udara, namun tentunya waktu tempuhnya lebih lama. Jika kamu menggunakan jalur laut, maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut. 

  1. Melakukan pemberitahuan pabean kepada pemerintah (Bea Cukai) atau perizinan ke bea cukai.
  2. Setelah mendapat izin dari Bea Cukai, maka kamu akan mendapatkan dokumen NPE (Nota Persetujuan Ekspor). 
  3. Melakukan stuffing dan mentransportasikan udang dengan kapal cargo.
  4. Mengasuransikan udang yang diekspor.

Baca Juga: Syarat Ekspor Daun Pisang, Negara Tujuan dan Harga Lengkap

Sudah Tahu Cara Ekspor Udang Vaname?

Jadi, cara ekspornya, mulai dari menyiapkan dokumen hingga memilih jalur pendistribusian, serta jangan lupa tentukan harga udang Vaname ekspor dengan tepat. Nah, jika kamu butuh barang tambahan dari luar negeri untuk menopang kegiatan budidaya udang Vaname mu, maka TitipBeliin adalah pilihannya. 

TitipBeliin merupakan Jasa titip produk apapun dari luar negeri yang terpercaya dan anti ribet. Hanya bermodalkan gadget dan internet, kamu sudah bisa mendapatkan produk luar negeri berkualitas. 

Selain itu, jasa ini juga menawarkan track order yang bisa kamu akses kapanpun dan dimanapun. Jadi, tidak akan ada lagi drama kamu overthinking karena takut barangmu hilang atau tidak sampai tepat waktu. Informasi lebih lanjut, langsung cek Titipbeliin.com!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.