Apa itu Importir? Pengertiannya

Apa Itu Importir? Intip Pengertian hingga Jenis-jenisnya!

Kegiatan impor, sepertinya  sudah bukan menjadi kegiatan asing lagi saat ini, karena di Indonesia sendiri juga sudah banyak importir serta jasa-jasa importir. Tapi, apa itu importir?

Singkatnya, setiap negara di dunia ini pasti memiliki kekayaan alam dan sumber daya yang beragam, dan berbeda-beda dari negara yang satu dan lainnya.

Hal tersebut, bisa dipengaruhi banyak faktor yakni mulai dari faktor geografis, iklim, dan lainnya. Sehingga, bagi negara yang tidak mendapatkan sumber daya yang dibutuhkannya, maka mereka akan melakukan impor.

Begitupun sebaliknya, bagi negara yang memiliki sumber daya dan kekayaan alam yang melimpah, mereka akan mengekspornya ke negara lain.

Jadi, dengan adanya hal tersebut kegiatan impor dan ekspor, menjadi hal yang rutin dilakukan setiap negara. Nah, kembali lagi ke pertanyaan awal, jadi apa itu importir?

Sebelum mengetahui apa itu importir, mari simak dulu pengertian impor terlebih dahulu secara rinci.

Pengertian Impor

Secara singkat, impor adalah kegiatan mendatangkan barang atau jasa, dari luar negeri ke dalam negeri, untuk memenuhi kebutuhan negara yang melakukan impor tersebut.

Melansir dari laman akselerasi, arti impor menurut UU No. 17 Tahun 2006, impor merupakan bentuk kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean (dalam hal ini adalah wilayah negara kita).

Apa Itu Importir?

Nah, jika impor adalah kegiatannya, maka importir adalah orang yang melakukan kegiatan impor tersebut. Sampai sini, sudah tahu apa itu importir?

Jadi, importir juga bisa disebut sebagai badan hukum, perusahaan atau individu yang membawa produk perdagangan, dari luar negeri untuk dijual ke dalam negeri atau pasar domestik.

Apa Hal yang Biasa Diimpor Para Importir?

Hal yang Biasa Diimpor Para Importir

Suatu negara biasanya akan melakukan kegiatan impor, ketika ia tidak bisa memproduksi dan menghasilkan sebuah produk sendiri, padahal negara tersebut sangat membutuhkannya untuk memenuhi perekonomian negara.

Nah, untuk produknya bisa berupa bahan produksi atau bisa juga produk jadi yang siap dikonsumsi. Misalnya, ada kasus di sebuah negara tidak bisa menghasilkan beras sendiri atau pasokannya kurang. Maka kegiatan impor beras bisa dilakukan untuk menjaga stok hingga stabilitas harga beras.

Adapun, berikut komoditas atau barang yang biasa diimpor khususnya oleh Indonesia:

  • Mesin dan Perlengkapan Mekanis
  • Mesin dan Perlengkapan Elektrik
  • Plastik dan barang berbahan plastik 
  • Besi dan baja
  • Bahan Kimia Organik 
  • Kendaraan dan Bagian-bagiannya
  • Barang Konsumsi 
  • Minyak Mentah dan Gas

Jenis-jenis Importir

jenis Importir

Selain mengetahui apa itu importir, ketahui juga jenis-jenis importir berikut ini, terutama dalam industri perdagangan.

1. Importir Umum

Jenis yang pertama adalah importir umum, yang merupakan sebuah perusahaan yang khusus bergerak di bidang logistik. Di mana perusahaan ini mengurus semua kegiatan impor atau mendatangkan barang dagang dari luar negeri. Bentuk perusahaan IU sendiri, biasanya adalah perseroan niaga.

2. Importir Terbatas

Selanjutnya ada jenis importir terbatas atau biasa disebut dengan IT. Merupakan sebuah perusahaan atau badan hukum, yang sudah mendapatkan izin dari pihak yang berwenang, untuk melakukan impor.

Namun, hanya ada beberapa jenis barang, yang bisa didatangkan oleh perusahaan importir terbatas ini, dan semuanya sudah diatur oleh Menteri Perdagangan. Di mana aturan tersebut berisi barang apa saja yang boleh dan tidak boleh diimpor ke dalam negeri.

Baca Juga: Penting! Istilah Umum Untuk Para Importir Pemula

3. Sole Agent Importer

Selanjutnya ada jenis importir di mana perusahaan ini adalah milik asing yang ingin berbisnis di Indonesia. Perusahaan asing ini, selanjutnya akan menunjuk salah satu perwakilan dalam negeri untuk melakukan impor dari negara mereka, ke dalam negeri.

4. Import Merchant 

Jenis yang berikutnya ini adalah importir yang melakukan kegiatan impor barang khusus. Bahkan, pihak-pihak yang boleh impor adalah import merchant yang sudah mengantongi izin terlebih dahulu dari pemerintah, berupa TAPPI (Tanda Pengenal Pengakuan Impor).

5. Approved Traders

Hampir sama dengan import merchant, namun approved traders ini menjadi importir yang paling diistimewakan, karena perusahaan impor ini sudah ditunjuk langsung oleh pemerintah. Selain itu, barang-barang yang diimpor adalah komoditas dengan tujuan tertentu.

Baca Juga: Cari Distributor Barang Import dari China Terbaik dan Aman

Bagaimana? Sekarang sudah tahu bukan apa itu importir? Bahkan, kamu juga bisa mengetahui jenis-jenis importir, yang mungkin akan kamu temukan di kehidupan sehari-hari. Terlebih, jika kamu juga ingin melakukan kegiatan impor. 

Bagi perorangan untuk menjadi importir tidak begitu sulit. Pasalnya, saat ini juga sudah banyak jasa importir di Indonesia, yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa membeli barang dari luar negeri dengan cara yang sangat mudah dan praktis.

Titipbeliin.com Jadi Jasa Importir Terbaik di Indonesia

Impor Rasa Belanja Online

Di Titipbeliin.com kamu bisa melakukan pembelian apapun dari berbagai negara, seperti dari Amerika, Inggris, China, Korea Selatan, Hong Kong, dan Singapura.

Buat kamu yang merupakan importir pemula dan belum memiliki pengalaman impor sama sekali, tidak perlu khawatir! Karena, kamu akan dibantu segala prosesnya oleh tim Titipbeliin.com.

Mulai dari proses daftar akun, cari seller, cari produk, proses pemesanan, pembayaran hingga pengiriman. Tidak hanya itu, beli produk impor via Titipbeliin.com juga sangat mudah dari jasa importir lain.

Pasalnya, platform Titipbeliin.com sendiri berbahasa Indonesia, memiliki fitur copy paste, bisa bayar pakai rupiah, metode pembayaran beragam (virtual account, CC, manual transfer, OVO, hingga Alfamart), biaya transparan termasuk pengurusan pajak bea cukai, dan juga pengirimannya.

Jadi, kamu hanya tinggal buka website Titipbeliin.com, melakukan pembelian, dan tinggal tunggu barang sampai tiba di rumah. Intinya, kamu hanya tinggal terima beres.

Artikel Terkait

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

Untuk menghadiri acara tertentu, kamu pasti memerlukan model baju couple keluarga modern yang pas. Misalnya kamu ingin menghadiri acara wisuda, merayakan momen lebaran, Natal, menghadiri

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Cara Menghitung Harga Jual – Supaya bisnis tetap bertumbuh, pebisnis wajib memiliki pendapatan dari bisnis yang mereka jalankan. Adapun cara memiliki pendapatan pada suatu bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.