10 Manfaat Ekspor Bagi Negara dan Masyarakat Indonesia 

10 Manfaat Ekspor Bagi Negara dan Masyarakat Indonesia 

Ekspor dan impor merupakan kegiatan yang melibatkan dua negara atau lebih dalam suatu transaksi barang maupun jasa serta memberikan suatu manfaat. Misalnya, manfaat ekspor bagi negara yaitu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

Sementara manfaat kegiatan ekspor bagi perekonomian masyarakat Indonesia adalah tidak harus punya industri besar terebih dahulu. Pasalnya, para pengusaha lokal juga berkesempatan sama untuk mengirimkan produk barang dan atau jasa mereka ke luar negeri. Nantinya, negara akan mendapat keuntungan atau devisa atas hasil kegiatan ekspor. 

10 Manfaat Ekspor yang Belum Banyak Orang Tahu

Seperti yang sudah kamu tahu, ekspor adalah kegiatan mengirim barang dari suatu wilayah ke luar negeri yang membutuhkan atau tidak bisa memproduksi barang tersebut di negeri sendiri. Momen ini dapat kamu manfaatkan untuk mencari keuntungan. Berikut manfaat dari kegiatan ekspor yang belum banyak orang tahu. 

1. Meningkatkan Devisa Negara

Mata uang asing
Mata uang asing | Sumber gambar: Freepik

Melalui kegiatan ekspor, kamu dapat meningkatkan devisa negara dengan cara menghasilkan pendapatan valuta asing. Pasalnya, saat melakukan transaksi, pihak yang menjual barang akan menerima pembayaran dalam mata uang asing, misalnya dollar, yen, ataupun euro. 

Dari hasil pendapatan tersebut, devisa negara bisa bertambah. Nantinya, negara bisa menggunakan manfaat ekspor untuk membayar utang luar negeri, membiayai impor, dan keperluan lainnya. Selain itu, jika memiliki cadangan devisa yang cukup, suatu negara akan terhindar dari potensi ketidakstabilan mata uang. 

Baca Juga: Syarat Ekspor dan Cara Mengurusnya Terbaru 2024

2. Menjaga Harga Produk Tetap Terkendali

Manfaat ekspor berikutnya adalah menjaga harga produk tetap terkendali. Jika suatu negara mempunyai jumlah produksi barang yang melimpah, efeknya harga barang tersebut menurun tajam. Pasalnya, hal ini dipengaruhi dari mudahnya produksi dan ketersediaan barang dalam jumlah banyak. 

Oleh sebab itu, negara bisa mengendalikan harga pasaran dengan cara mengirim barang yang kapasitasnya lebih ke negara lain yang membutuhkan. Dengan begitu, harga pasar bisa tetap seimbang. 

3. Membuka Lapangan Kerja Baru

Menciptakan lapangan kerja baru
Menciptakan lapangan kerja baru | Sumber gambar: Freepik

Kemudian, manfaat melakukan kegiatan ekspor bagi suatu negara adalah terbukanya lapangan kerja baru. Pasalnya, ketika suatu perusahaan mengalami peningkatkan permintaan ekspor, pastinya perusahaan tersebut akan meningkatkan produksinya. Nah, saat itulah perusahaan membutuhkan pegawai tambahan untuk bekerja. 

Jadi, manfaat ekspor ini secara tidak langsung dapat mengurangi jumlah pengangguran dalam negeri. Seiring meningkatnya volume perdagangan internasional, perusahaan akan terdorong untuk meningkatkan dan meluaskan produksinya. 

4. Akses ke Pasar Global

Jika kamu berhasil memperluas keterjangkauan barang, potensi keuntungan yang didapatkan pun semakin besar. Dalam hal ini, manfaat dari kegiatan ekspor adalah memungkinkan kamu untuk memperluas jangkauan pasar di luar wilayah domestik. 

Selain itu, kamu akan mendapat pelanggan baru yang lebih banyak dari berbagai penjuru dunia. Apalagi, perusahaan juga berkesempatan membangun reputasi yang baik di pasar global, sehingga produknya semakin laris di pasaran. 

5. Mendorong Pertumbuhan Infrastruktur

Pengiriman kargo di pelabuhan
Pengiriman kargo di pelabuhan | Sumber gambar: Freepik

Tahukah kamu? Ternyata manfaat dari kegiatan ekspor juga bisa mendorong pertumbuhan infrastruktur dalam suatu negara. Pasalnya, transaksi ini dilakukan dengan melewati batas-batas negara. Maka dari itu, untuk memperlancar proses transaksi, akses transportasi darat, laut, dan udara perlu peningkatan. 

Misalnya seperti pembangunan pelabuhan dan bandara untuk memfasilitasi distribusi barang ke pasar internasional. Terlebih, jaringan transportasi yang memadai berdampak positif untuk keberlangsungan ekonomi maupun logistik masyarakat. 

6. Hubungan Diplomatik yang Menguat

Manfaat ekspor selanjutnya adalah menguatkan hubungan diplomatik antar negara yang menjalin mitra ekonomi. Negara-negara yang bermitra akan saling menjalin kontak, sehingga kerja sama positif dapat dilakukan. 

Selain itu, manfaat melakukan kegiatan ekspor bagi suatu negara adalah dapat mengeratkan persahabatan antar negara. Relasi yang baik, nantinya akan membawa ke kerja sama yang menguntungkan di berbagai bidang. 

Baca Juga: Cara Mengecek HS Code untuk Klasifikasi Barang Ekspor-Impor

7. Mengembangkan Industri dalam Negeri

Berdiskusi untuk perkembangan industri
Berdiskusi untuk perkembangan industri | Sumber gambar: Freepik

Salah satu manfaat kegiatan ekspor bagi perekonomian masyarakat Indonesia adalah berkembangnya industri dalam negeri. Hal ini selaras dengan permintaan dari pasar global yang meningkat, sehingga mendorong produsen untuk memperluas kapasitas produksi dan menciptakan lapangan kerja baru. 

Produsen yang tadinya stagnan di pasar domestik, bisa berkembang lebih luas ketika masuk ke dalam pasar global. Jadi, kegiatan ekspor bisa mengembangkan industri menjadi lebih maju. 

8. Pertukaran Pengetahuan dan Teknologi

Kemudian, manfaat ekspor lainnya adalah terjadinya pertukaran pengetahuan dan teknologi. Alasannya, karena suatu perusahaan memiliki kemungkinan untuk berinteraksi dengan industri di luar negeri yang mempunyai teknologi dan inovasi baru. 

Oleh sebab itu, transfer teknologi dan pengetahuan mungkin-mungkin saja terjadi saat melakukan ekspor. 

9. Diversifikasi Pendapatan

Kemudian, manfaat melakukan kegiatan ekspor bagi suatu negara adalah suatu negara akan mendapat sumber penghasilan tambahan, sehingga mengurangi ketergantungan pada pasar domestik. Selain itu, dari segi mata uang, ekspor mengakibatkan diversifikasi pendapatan dengan penerimaan mata uang yang berbeda. 

Lalu, dengan adanya sumber pendapatan tambahan dari luar negeri, negara tidak hanya akan bergantung pada satu sektor saja. Hal ini meminimalisir risiko ekonomi akibat ketidakstabilan pasar, seandainya hanya bergantung pada satu sektor tersebut.

10. Menaikkan Taraf Hidup Masyarakat

Manfaat ekspor yang terakhir adalah menaikkan taraf hidup masyarakat. Seperti yang sudah kamu tahu, ekspor dapat menciptakan lapangan kerja baru, seiring dengan meningkatnya permintaan. 

Masyarakat yang tadinya masih menganggur, kondisi ekonomi dan sosialnya dapat membaik berkat lapangan kerja yang terbuka oleh kegiatan ekspor. Jadi, secara tidak langsung, manfaat kegiatan ekspor bagi perekonomian masyarakat Indonesia adalah mampu memajukan standar hidup masyarakat menuju arah lebih baik. 

Baca Juga: Perbedaan Ekspor dan Impor Serta Tujuan hingga Fungsi Bagi Perekonomian Negara

Sudah Tahu Apa Saja Manfaat Ekspor?

Setelah menyimak pembahasan di atas, kamu pasti semakin paham betapa pentingnya kegiatan ekspor dalam suatu negara. Terlebih, manfaat ekspor yang utama adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Nah, bagi Titipers yang tertarik membeli atau mengimpor produk dari luar negeri, bisa memakai jasa Titipbeliin

Titipbeliin merupakan jasa yang melayani pembelian produk dari Amerika, Inggris, Hongkong, China, dan Singapura. Kamu tidak perlu terlibat prosedur yang rumit saat membeli produk dari luar negeri. Cukup percayakan pada jasa kami, dan akan kami proses pembeliannya secara legal sampai ke tangan kamu. 

Selain itu, bagi supplier yang butuh banyak barang dari luar negeri juga bisa memakai jasa titip atau jastip dari kami. Salah satu keunggulan kami adalah menawarkan tracking resi pembelian secara real time, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Yuk, titip produk di sini!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.