Cara Menjadi Eksportir Pemula dari Nol Sampai Sukses

Cara Menjadi Eksportir Pemula dari Nol Sampai Sukses

Mengembangkan usaha dengan menjadi eksportir bukanlah hal yang asing lagi saat ini, baik perusahaan besar maupun UMKM juga bisa melakukannya. Kalau titipers berminat untuk menjadi eksportir, artikel mengenai cara menjadi eksportir pemula ini cocok sekali untuk kamu. Yuk, kita jelajahi bersama!

Pemahaman Tentang Bisnis Ekspor

Peti Kemas Ekspor Impor
Peti Kemas Ekspor Impor | Sumber Gambar: Unsplash.com

Sebelum menjamah cara menjadi eksportir pemula dan syarat apa saja yang perlu kamu lakukan, alangkah baiknya kalau titipers memahami dunia baru ini terlebih dahulu. Sejatinya, ada tiga konsep dasar ekspor, yakni ekspor langsung, ekspor tidak langsung, dan ekspor jasa.

Ekspor langsung adalah kegiatan distribusi barang melalui eksportir atau perantara di negara lain. Ekspor tidak langsung adalah distribusi barang yang eksportir atau perantaranya berada di negara asal. Sementara contoh ekspor jasa adalah jasa pengurusan transportasi, konsultasi konstruksi, atau penelitian dan pengembangan.

Demi memperlancar bisnis ekspor kamu, perlu juga adanya pemahaman mengenai peraturan perdagangan internasional dan pasar potensial. Beberapa cara menjadi eksportir sukses adalah dengan mengikuti kursus online, seminar, atau bergabung dengan komunitas.

Baca Juga: Top 10 Peluang Ekspor dengan Keuntungan Menjanjikan

5 Langkah Cara Menjadi Eksportir Pemula

Langkah-langkah berikut ini bisa menjadi panduan titipers untuk memulai bisnis ekspor. Beginilah cara jadi eksportir!

1. Sesuaikan Produk dengan Pasar

Gudang Produk Ekspor Impor
Gudang Produk Ekspor Impor | Sumber Gambar: Unsplash.com

Kalau kamu sudah punya produk unggulan yang akan diekspor, langsung saja cari negara yang cocok untuk produk tersebut. Biasanya, negara dengan populasi penduduk yang banyak sangat cocok menjadi tujuan ekspor, contohnya Cina, Amerika, Jepang, atau India.

Namun, apabila kamu belum memiliki produk dan tidak yakin paham dengan bagaimana cara sukses menjadi eksportir, cobalah memenuhi permintaan dalam negeri terlebih dahulu dengan produk yang berkualitas. Produk seperti pakaian, kerajinan tangan, dan makanan yang unik akan menarik banyak peminat.

Salah satu cara menjadi eksportir pemula lainnya adalah dengan menargetkan pasar yang dekat. Dalam contoh kali ini, negara-negara yang termasuk ASEAN adalah target yang bagus.

2. Rencanakan Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran Ekspor
Strategi Pemasaran Ekspor | Sumber Gambar: Unsplash.com

Pengembangan strategi yang efektif adalah kunci cara menjadi eksportir sukses, Titipers. Buatlah rencana yang sudah mencakup penetapan harga, promosi, distribusi, serta branding produk dan layanan kamu.

Selain itu, pertimbangkan pula strategi pemasaran secara digital, misalnya dengan Google Ads, YouTube Ads, Instagram Ads, hingga TikTok. Lalu, pamerkan keunggulan produk kamu melalui media sosial, sehingga penonton jadi membutuhkan produk kamu.

Pemerintah Indonesia juga sangat mendukung kegiatan para eksportir. Biasanya rutin digelar pameran dagang Trade Expo Indonesia setiap tahunnya. Melalui pameran ini, kamu memiliki kesempatan besar untuk memasarkan produk unggulan kamu kepada pelanggan internasional.

Selain untuk sarana pemasaran, kedua media tersebut juga bisa kamu gunakan sebagai cara networking dengan eksportir lain atau mitra ekspor sehingga semakin paham bagaimana cara sukses menjadi eksportir.

3. Pahami dan Penuhi Setiap Syarat Menjadi Eksportir

Menurut Portal Informasi Indonesia, cara menjadi eksportir pemula adalah dengan memenuhi beberapa syarat berikut.

  • Bisnis berbentuk sebuah badan usaha: Bisnis eksportir harus berupa lembaga berbentuk CV, Firma, Persero, PT, Perum (Perusahaan Umum), Perjan (Perusahaan Jawatan), atau Koperasi;
  • Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak);
  • Mengantongi izin dari pemerintah; dan
  • Memiliki salah satu izin berikut ini:
    • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dari Dinas Perdagangan;
    • Surat Izin Industri dari Dinas Perindustrian;
    • Izin Usaha PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri); atau
    • PMA atau Penanaman Modal Asing keluaran BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Deretan ketentuan khusus untuk cara jadi eksportir produsen dan eksportir bukan produsen. Barang yang akan kamu ekspor juga memiliki ketentuan tersendiri. Apabila barang unggulan kamu terkena pajak ekspor, maka pajak tersebut harus kamu lunasi dahulu sebelum masuk ke sarana pengangkut.

4. Siapkan Dokumen Penting Ekspor

Karena hubungannya dengan negara lain, kamu memerlukan beberapa dokumen khusus yang harus disiapkan supaya cara jadi eksportir selanjutnya lebih mudah. Terdapat dua tipe dokumen yang di dalamnya berisi dokumen-dokumen lain, yakni legalitas usaha dan dokumen untuk ekspor.

Untuk legalitas usaha, kamu memerlukan dokumen SIUP, TDP (Tanda Daftar Perusahaan), NPWP, dan NIK (Nomor Identitas Kepabean). Sedangkan untuk dokumen ekspor, kamu memerlukan invoice dan packing list. Keduanya berisi informasi mengenai isi paket, jumlah, jenis, dan berat barang yang kamu ekspor. 

Baca Juga: 10 Manfaat Ekspor Bagi Negara dan Masyarakat Indonesia

5. Ketahui Alur Ekspor

Alur Ekspor
Alur Ekspor | Sumber Gambar: Unsplash.com

Bagian dari cara menjadi eksportir pemula adalah dengan memahami alur ekspor. Dengan begitu, kamu bisa tahu apa yang harus dilakukan sekaligus dokumen apa yang diperlukan di tahapan mana. Berikut adalah alurnya:

  1. Menghubungi jasa ekspor: Setelah mengemas produk unggulan kamu hingga siap kirim, hubungilah jasa ekspor untuk menentukan layanan mana yang cocok untuk ekspor kamu. Untuk ekspor, terdapat dua layanan, yakni ekspor melalui laut atau melalui udara.
  2. Penawaran harga: Di tahap cara menjadi eksportir sukses ini, diskusikan harga yang cocok untuk pengiriman kamu dengan jasa ekspor.
  3. Persiapan dokumen penting: Ketika berhubungan dengan jasa ekspor, mereka akan meminta beberapa dokumen penting, seperti NIB, NPWP, Invoice & Packing List, dan bila perlu MSDS (Material Safety Data Sheet).
  4. Penyerahan barang: Kamu bisa memilih antara mengirim barang ke jasa ekspor, atau meminta mereka menjemput barang.
  5. Setelah itu, jasa ekspor akan menyelesaikan Customs Clearance, menerbitkan AWB atau BL, dan mengirimkan barangmu.

Baca Juga: IMPORTIR PEMULA? YUK KENALI BEA & CUKAI DALAM IMPOR

Sudah Tahu Cara Menjadi Eksportir Pemula, Bukan?

Dengan langkah-langkah yang tepat dan komitmen yang kuat, cara menjadi eksportir pemula bisa menjadi langkah yang menguntungkan dan memuaskan dalam perjalanan bisnis eksportir kamu. Bila perlu, lakukan penelitian yang cermat, bangun hubungan yang kuat dengan mitra bisnis, serta teruslah belajar dan berkembang sesuai dengan kebutuhan pasar internasional.

Setelah paham bagaimana cara sukses menjadi eksportir, rugi banget kalau kamu tak membeli barang dari luar negeri juga. Kamu bisa mengunjungi Titipbeliin.com. Cukup masukkan link produk yang kamu mau dari website luar negeri, lalu terima beres ke alamat kamu.

Titipbeliin juga bisa tracking barang yang kamu beli secara real-time. Kalau kamu tidak ingin ribet dengan dokumen-dokumen untuk impor barang kesukaan kamu, jadilah titipers. Serahkan saja ke Titipbeliin yang akan membelikan barang kesukaanmu dari luar negeri.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.